Kamis, 17 Oktober 2013

0 "Mendidik sang Pemimpin Kecil "



 Foto Ilustrasi :Qarira Shatara Syihana

Oleh:Sri Haryati (Guru Ngaji & Ibu Rumah Tangga)

Para Bundaaa.....23 tahun yang lalu saat usiaku baru 5 tahun,,Pernah suatu kali aku menginginkan sebuah mainan yang kulihat disebuah etalase Toko, Saat itu aku dan Ibuku tengah Berjalan menyusuri Pasar yang bau dan becek untuk silaturrahmi ke rumah Saudaraku..Ibu masih tak bergeming meski aku merengek minta dibelikan mainan tersebut. setelah sekitar 30 menit aku berhenti merengek karena kecapean..Dengan lembut Ibu menjelaskan alasan kenapa Ia tak membelikan mainan tersebut "Uang Ibu hanya cukup untuk beli Makan Siang ini Naak! Maafkan Ibu yaa..Lain kali kalo Ibu punya uang lebih,,Ibu akan membelikan mainan itu" Sungguh Pembelajaran yang Luar biasa dari Wanita yang telah melahirkanku...Ada keteladanan bagaimana seharusnya  seorang ibu bersikap disaat kondisi buah hati yang sedang uring-uringan..Jika.Komunikasi dibangun saat anak dalam kondisi yang tenang,,maka Komunikasi lembut plus sentuhan itu akan sampai ke hati sang anak. InsyaAllah..

Banyak Hal yang kupelajari dari masa kecilku dulu...Ada benarnya Jg apa yang dikatakan oleh Sahabat Rasulullah SAW , yaitu Ali Bin Abu Thalib " Didiklah Anak - Anakmu sesuai dengan Jamannya " Alangkah ideal jika kita bisa mendidik para calon generasi bangsa ini sesuai dengan jamannya..apalagi saat ini jaman sudah semakin canggih....anak kecil sekarang sudah mampu mengakses internet dengan mudah..ditambah lagi banyaknya sosial media seperti Facebook, Twitter, BBM dll smakin memudahkan anak dalam berkomunikasi kesetiap belahan dunia mana saja....Meski demikian...Sebagai Seorang Ibu Saya selalu selektif dalam memilih"Gaya Mendidik " yang akan saya Aplikasikan pada anak - anak saya..Pernyataan Sahabat Nabi Ali Bin Abi Thalib memang menjadi Rujukan Saya dalam mendidik anak..tapi banyak Juga "Gaya Mendidik" saya di pengaruhi olehGaya  Ibu Saya saat mendidik Saya..( Gaya Kependidikan Jaman Jadul..hehe..).Bagaimanapun Ibu saya adalah seorang manusia biasa yang kadangkala melakukan kekhilafan saat menerapkan aturan dalam mendidik anak- anaknya...untuk itu saya cukup mengambil Pembelajaran yang memiliki nilai Positif saja dari Ibu saya,, seperti contoh kisah  Diatas....
 
Selain mencari "Gaya Mendidik" yang ideal untuk Sang Pemimpin Kecil Kita...Seorang Ibu juga harus dituntut Ekstra sabar dalam mendampingi dan mendidik anak- anaknya....dan yang terakhir adalah D-O-A....yapp Doa adalah senjatanya orang - orang Mukmin setelah kita berusaha mendidik anak-anak kita dengan sebaik-baiknya baru kita menyerahkan semuanya kepada Allah SWT ,,,Sang Pemberi Amanah itu...
Terima kasih Buibu...Semoga Menginspirasi....

0 komentar:

Posting Komentar

 

Keluarga Syihana Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates